Saturday, March 22, 2014

Duh, Karyawan Outsourcing BUMN Banyak yang Cerai!

Selasa, 04 Maret 2014 12:02 wib | Hendra Kusuma - Okezone




JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan hari ini menghadiri rapat kerja (raker) bersama Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Adapun, agenda raker kali ini, yakni menindaklanjuti mengenai outsourcing yang sebelumnya digelar pada September 2013.

Dalam rakor tersebut, Anggota Komisi IX dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Indra, mengatakan rekomendasi panja yang sebelumnya sudah diterima oleh Kementerian BUMN tidak memberikan perubahan yang signifikan terhadap penerapan sistem outsourcing di lingkungan BUMN.

"Kita masih mendapat laporan dan saya lihat langsung ke perusahaan dan laporan serikat pekerja, praktik penyimpangan outsourcing masih terjadi di BUMN," ungkap Indra saat raker di Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/3/2014).

Indra melanjutkan, sesuai dengan rekomendasi panja outsourcing yang telah diberikan kepada Kementerian BUMN. Seharusnya BUMN harus menghapuskan sistem outsourcing pada lingkungan BUMN. Hal tersebut sesuai dengan point satu rekomendasi panja outsourcing.

Lebih lanjut Indra mempertanyakan komitmen Menteri BUMN Dahlan Iskan, mengenai pernyataan yang dilontarkan pada raker outsourcingsebelumnya. Saat itu, Dahlan Iskan mengungkapkan apapun rekomendasi panja akan tetap dijalankan.

"Realitasnya banyak yang bercerai, putus sekolah akibat tidak dijalankan rekomendasinya, jangan separuh-separuh. Karena itu masih menjadioutsourcing," tambahnya.

Dengan banyaknya pegawai yang di PHK, merupakan kamuflase penerapan outsourcing di lingkungan BUMN. Di mana, penerapan langsung dilimpahkan kepada anak usaha yang menerapkan sistem tersebut.

"Padahal poin dua hapuskan seluruh, di perusahaan BUMN itu masih menjalankan praktek outsourcing, dengan kamuflase anak perusahaan, cucu perusahaan, ini juga disampaikan para direksi BUMN secara resmi, dengan tegas dialihkan ke anak perusahaan," tutupnya. (mrt)


Sumber: http://economy.okezone.com/read/2014/03/04/209/949648/duh-karyawan-outsourcing-bumn-banyak-yang-cerai

No comments:

Post a Comment