Wednesday, July 24, 2013

Pertemuan Bipartit ke-2 dan Musyawarah Anggota SPGAS


Hari Selasa (23/07/2013) merupakan hari yang penting bagi Pengurus dan Anggota SPGAS, karena akan direncanakan Pertemuan Bipartit ke-2, antara wakil SPGAS dengan pihak manajemen PGN. Pertemuan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pelaksanaan pertemuan bipartit 1.  Acara yang semula akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB, bertempat di kantor Federasi ASPEK Indonesia, tidak memberikan hasil yang sesuai harapan karena Manajemen PGN tidak hadir tanpa memberi kabar sama sekali.



Masih tetap menanti kedatangan Dirut PGN
sambil berbuka puasa dan tetap berdiskusi
Ketidakhadiran tersebut di atas, sama sekali tidak mematahkan semangat berjuang para pengurus dan anggota SPGAS, malah kejadian ini dimanfaatkan untuk berdialog dengan rekan-rekan afiliasi ASPEK Indonesia lainnya, seperti SEJAGAD.  Dalam konteks berbagi pengalaman dan sharing pengetahuan, bro Tri Asmoko dari SEJAGAD menjelaskan kronologis perjuangan mereka, hingga akhirnya mereka bersama ASPEK Indonesia dan LBH ASPEK Indonesia berhasil memperjuangkan 5 anggota mereka yang bekerja sebagai office boy di PT Graha Sarana Duta (anak perusahaan PT Telkom), menjadi karyawan tetap di PT Graha Sarana Duta.

Jika merujuk pada Permenaker No. 19/2012, tentunya tidak ada yang menduga keberhasilan tersebut, karena office boy merupakan salah satu jenis pekerjaan yang dinyatakan dapat dilaksanakan melalui mekanisme alih daya (outsourcing). Namun, fakta yang ada menunjukkan bahwa apa-apa yang diperjuangkan dengan sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang tidak terduga oleh semua pihak.  Kisah ini seharusnya tidak saja memotivasi anggota dan pengurus SPGAS, untuk terus berjuang untuk mencapai impiannya mendapatkan STATUS KARYAWAN TETAP PGN, tetapi juga para pembaca dengan cita-citanya masing-masing.

Selanjutnya para pengurus dan anggota SPGAS melanjutkan musyawarah anggota selama hampir 3 jam untuk menyusun serangkaian kegiatan lanjutan yang akan dilakukan.  Beberapa hal yang akan dilaksanakan berikutnya meliputi:

  1. Melanjutkan Perundingan Bipartit dengan Direkrut Utama PT PGN (Persero), Tbk.
  2. Mengadakan koordinasi dengan pihak Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), terkait penerapan sistem kerja outsourcing di lingkungan PT PGN (Persero), Tbk.
  3. Mengadakan kegiatan peningkatan pengetahuan dan pemahaman anggota dan pengurus SPGAS tentang pentingnya berserikat, dengan melibatkan DPP Aspek Indonesia dan LBH Aspek Indonesia.



No comments:

Post a Comment